Rabu, 09 Maret 2011

menangkap ikan pengacau di akuarium

Kadang secara tidak disengaja atau karena ketidaktahuan, beberapa spesies ikan yang tidak cocok menjadi penghuni akuarium. Sebagian spesies ikan akan berubah perilaku menjadi agresif seiring perubahannya menjadi dewasa. Ikan seperti ini akan menjadi ‘pengacau’ dan membuat kehidupan di dalam akuarium tidak nyaman.

Ikan yang berpotensi menjadi pengacau perlu dikeluarkan atau ditangkap dari akuarium tanpa merusak susunan koral, karang-karang dan membuat stress penghuni lain. Namun hal itu bukanlah pekerjaan yang mudah, berikut beberapa kiat yang dapat dicoba :
  1. Matikan lampu akuarium selama beberapa jam hingga ikan-ikan mulai tidur. Padamkan lampu ruangan atau cahaya lain sehingga ruangan tampak gelap gulita. Gunakan senter besar untuk mengarahkan cahaya langsung ke mata ikan yang akan ditangkap. Untuk beberapa saat, penglihatan ikan akan terganggu dan tidak bergerak. Itulah saat yang tepat untuk menjeratnya dengan jaring kecil.
  2. Pipa paralon berdiameter 1 inci dengan panjang 30 cm dapat dipakai sebagai perangkap. Lebih ideal lagi tabung transparan untuk mencegah ikan takut. Diameter pipa dan tabung disesuaikan dengan ukuran ikan yang akan ditangkap. Tutup salah satu mulut pipa, lalu buat beberapa lubang kecil di sepanjang tabung. Tujuannya agar tabung dapat tenggelam ke dasar akuarium. Ikat mulut tabung yang tidak tertutup dengan menggunakan benang nilon atau kenur yang tersamar dari ikan. Satu ujung benang diulurkan ke luar akuarium. Isi perangkap dengan pakan seperti potongan udang, lalu tenggelamkan horizontal ke dasar. Amati dan tunggu dengan sabar sampai ikan masuk perangkap. Bila ikan sudah masuk perangkap, tarik ujung benang hingga posisi tabung menjadi vertical. Lubang-lubang disisi tabung berguna agar perangkap bisa ditarik keluar akuarium dengan cepat sebelum ikan kabur.
  3. Cara lain, tangkap ikan saat pemberian pakan. Biarkan ikan tersebut kelaparan. Dengan cara ini, ikan akan lebih agresif menjemput pakan hingga ke permukaan saat diberi pakan. Berikan pakan sedikit demi sedikit sambil disiapkan jaring ikan di tangan. Begitu ikan yang diincar naik ke permukaan, segera ditangkap.
  4. Bila 3 cara diatas tidak berhasil, gunakan wadah transparan yang berlubang-lubang seperti pada topik cara mendamaikan ikan. Gantung wadah transparan tersebut dengan benang nilon di kedua ujung kiri dan kanan. Biarkan selama beberapa hari di akuarium agar ikan-ikan tidak menganggap wadah tersebut sebagai bahaya. Setelah beberapa hari, turunkan wadah transparan sekitar di tengah akuarium, beri pakan seperti biasa namun kali ini diatas wadah transparan tersebut. Pada saat ikan pengacau sedang menjemput pakan diatas wadah tariklah wadah dengan agak cepat agar ikan tidak sempat kabur. Lebih baik sebelum melakukan penangkapan, biarkan ikan pengacau lapar untuk beberapa hari sehingga rasa lapar mengurangi kewaspadaannya terhadap bahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar